Cara Ganti Wallpaper Windows 10

Salah satu hal yang paling diperhatikan oleh pengguna Windows 10 adalah tampilan desktop. Tampilan desktop yang menarik dan sesuai dengan kepribadian pengguna dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan pengguna saat bekerja. Salah satu cara untuk mengubah tampilan desktop adalah dengan mengganti wallpaper. Namun, terkadang pengguna masih kesulitan untuk melakukan hal tersebut. Berikut adalah cara ganti wallpaper Windows 10.

1. Menggunakan gambar bawaan Windows 10

Windows 10 telah menyediakan beberapa gambar bawaan untuk dijadikan wallpaper. Untuk mengubah wallpaper dengan gambar bawaan, pertama-tama klik kanan pada desktop lalu pilih Personalisasi. Kemudian pilih Background dan pilih gambar bawaan yang diinginkan. Gambar bawaan dapat dipilih berdasarkan kategori atau dengan memilih gambar secara acak. Setelah memilih gambar, klik Choose picture untuk mengaktifkan wallpaper baru.

2. Menggunakan gambar pribadi

Untuk mengubah wallpaper dengan gambar pribadi, klik kanan pada desktop lalu pilih Personalisasi. Kemudian pilih Background dan pilih Browse. Pilih gambar yang diinginkan dan klik Choose picture untuk mengaktifkan wallpaper baru.

3. Mengatur wallpaper secara otomatis

Jika ingin mengubah wallpaper secara otomatis, klik kanan pada desktop lalu pilih Personalisasi. Kemudian pilih Background dan pilih Slideshow. Pilih folder yang berisi gambar yang ingin digunakan dan atur interval waktu untuk mengubah gambar. Setelah selesai, klik Choose picture untuk mengaktifkan wallpaper otomatis.

4. Mengubah pengaturan slideshow

Jika ingin mengubah pengaturan slideshow, klik kanan pada desktop lalu pilih Personalisasi. Kemudian pilih Background dan pilih Slideshow. Pilih folder yang berisi gambar yang ingin digunakan. Kemudian pilih pengaturan slideshow seperti shuffle atau fit. Setelah selesai, klik Choose picture untuk mengaktifkan pengaturan slideshow baru.

5. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Jika ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, pengguna dapat mengunduh aplikasi seperti Wallpaper Engine atau DeskScapes. Aplikasi tersebut dapat membantu pengguna untuk membuat wallpaper animasi dan mengubah wallpaper dengan mudah.

6. Mengganti wallpaper melalui Command Prompt

Jika ingin mengganti wallpaper melalui Command Prompt, pengguna dapat membuka Command Prompt dan mengetikkan perintah reg add HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktop /v Wallpaper /t REG_SZ /d lokasigambar.jpg /f. Lokasi dan nama gambar harus diubah sesuai dengan gambar yang ingin digunakan.

7. Mengganti wallpaper melalui Registry Editor

Jika ingin mengganti wallpaper melalui Registry Editor, pengguna dapat membuka Registry Editor dan mencari HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktop. Kemudian klik dua kali pada Wallpaper dan ubah nilai dengan lokasi dan nama gambar yang ingin digunakan.

8. Menggunakan fitur Spotlight

Windows 10 memiliki fitur Spotlight yang dapat mengubah wallpaper secara otomatis dengan gambar-gambar yang menarik. Untuk mengaktifkan fitur Spotlight, klik kanan pada desktop lalu pilih Personalisasi. Kemudian pilih Lock screen dan pilih Windows spotlight.

9. Menggunakan fitur Bing Wallpaper

Windows 10 juga memiliki fitur Bing Wallpaper yang dapat mengubah wallpaper dengan gambar-gambar dari search engine Bing. Untuk mengaktifkan fitur Bing Wallpaper, pengguna dapat mengunduh aplikasi Bing Wallpaper dari Microsoft Store.

10. Menggunakan aplikasi wallpaper manager

Jika ingin mengubah wallpaper dengan mudah dan mengatur pengaturan slideshow, pengguna dapat mengunduh aplikasi wallpaper manager seperti Wallpaper Master atau Wallpaper Cycler. Aplikasi tersebut dapat membantu pengguna untuk mengubah wallpaper dengan mudah dan memilih gambar dari folder atau kategori tertentu.

FAQ:

1. Apakah semua gambar dapat dijadikan wallpaper?

Tidak semua gambar dapat dijadikan wallpaper. Gambar yang memiliki resolusi rendah atau format yang tidak didukung oleh Windows 10 tidak dapat dijadikan wallpaper.

2. Bagaimana cara mengembalikan wallpaper ke wallpaper bawaan?

Untuk mengembalikan wallpaper ke wallpaper bawaan, klik kanan pada desktop lalu pilih Personalisasi. Kemudian pilih Background dan pilih gambar bawaan yang diinginkan.

3. Bagaimana cara mengatur interval waktu untuk slideshow?

Untuk mengatur interval waktu untuk slideshow, klik kanan pada desktop lalu pilih Personalisasi. Kemudian pilih Background dan pilih Slideshow. Kemudian pilih Change picture every dan atur interval waktu yang diinginkan.

Dengan cara-cara di atas, pengguna dapat dengan mudah mengubah wallpaper Windows 10 sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan pengguna.