Cara Menawarkan Produk Di Wa

Cara menawarkan produk di WhatsApp (WA) menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif dalam menjual produk. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara yang tepat untuk menawarkan produk di WhatsApp. Banyak yang mengirimkan pesan secara acak kepada kontak yang ada di WhatsApp tanpa melihat segmen pasar yang diinginkan.

Mengenal Segmen Pasar

Sebelum menawarkan produk di WhatsApp, sebaiknya kamu mengenal segmen pasar terlebih dahulu. Segmen pasar adalah kelompok-kelompok konsumen yang memiliki kebutuhan dan karakteristik yang sama. Segmen pasar yang telah kamu tentukan akan memudahkan kamu dalam menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut.

Menentukan Harga

Saat menawarkan produk di WhatsApp, kamu harus menentukan harga yang sesuai dengan karakteristik produk dan segmen pasar. Harga yang terlalu tinggi dapat membuat konsumen enggan untuk membeli produk kamu, sementara harga yang terlalu rendah dapat membuat konsumen meragukan kualitas produk yang kamu tawarkan.

Menyajikan Informasi Produk Secara Jelas

Informasi produk yang disajikan haruslah jelas dan lengkap. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk mengetahui karakteristik produk yang ditawarkan. Sajikan informasi produk seperti deskripsi, ukuran, bahan, dan cara penggunaan produk tersebut.

Menggunakan Bahasa yang Menarik

Penggunaan bahasa yang menarik akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Hindari penggunaan bahasa yang formal dan membosankan. Cobalah untuk menggabungkan kata-kata yang unik dan menarik ke dalam pesan yang kamu kirim.

Mengirimkan Pesan dengan Tepat

Sebaiknya kamu mengirimkan pesan pada waktu yang tepat. Jangan mengirimkan pesan pada saat jam kerja atau di waktu yang kurang tepat seperti saat malam hari atau akhir pekan. Hindari juga mengirimkan pesan terlalu sering, sehingga membuat konsumen merasa terganggu.

Menggunakan Gambar Produk yang Menarik

Menampilkan gambar produk yang menarik akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Pastikan gambar yang ditampilkan memiliki kualitas yang baik dan dapat menampilkan karakteristik produk dengan jelas.

Menyediakan Layanan Pelanggan yang Baik

Sebaiknya kamu menyediakan layanan pelanggan yang baik. Sediakan nomor telepon atau email yang dapat dihubungi konsumen jika mereka memiliki pertanyaan atau keluhan tentang produk yang kamu tawarkan.

Menyediakan Promo dan Diskon

Menyediakan promo dan diskon tentunya akan membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Berikan promo dan diskon yang menarik, namun tetap sesuai dengan karakteristik produk dan segmen pasar yang telah kamu tentukan.

Mengajak untuk Berlangganan

Pada akhir pesan yang kamu kirimkan, kamu dapat mengajak konsumen untuk berlangganan agar mereka dapat menerima informasi tentang produk terbaru yang kamu tawarkan. Berlangganan juga akan membuat konsumen merasa lebih terhubung dengan brand yang kamu miliki.

Menjalin Kerjasama dengan Influencer

Jika kamu memiliki anggaran yang cukup, kamu dapat menjalin kerjasama dengan influencer. Influencer memiliki pengikut yang banyak dan dapat membantu kamu dalam memasarkan produk yang kamu tawarkan.

Kesimpulan

Menawarkan produk di WhatsApp memang menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif. Namun, kamu harus mengetahui cara yang tepat agar produk yang kamu tawarkan dapat berhasil terjual. Menentukan segmen pasar, menyajikan informasi produk secara jelas, menggunakan bahasa yang menarik, dan memiliki layanan pelanggan yang baik adalah beberapa kunci sukses dalam menawarkan produk di WhatsApp.

FAQs

1. Apakah harus mengirimkan pesan secara acak?

Tidak, kamu harus menentukan segmen pasar terlebih dahulu untuk memudahkan dalam menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut.

2. Apakah harus menyediakan nomor telepon atau email yang dapat dihubungi?

Ya, menyediakan nomor telepon atau email yang dapat dihubungi konsumen jika mereka memiliki pertanyaan atau keluhan tentang produk yang kamu tawarkan akan membantu mengembangkan brand kamu.

3. Apakah saya harus mengirimkan pesan terlalu sering?

Tidak, hindari mengirimkan pesan terlalu sering, sehingga membuat konsumen merasa terganggu. Kamu dapat mengirimkan pesan pada waktu yang tepat dan tidak terlalu sering.