Cara Melihat Pesanan Di Tokopedia

Cara melihat pesanan di Tokopedia merupakan salah satu hal yang sering menjadi permasalahan bagi beberapa pengguna. Terkadang, setelah melakukan pembelian di Tokopedia, pengguna kesulitan untuk mengetahui status pesanan mereka. Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat pesanan di Tokopedia dengan mudah dan cepat.

Cara Pertama: Menggunakan Aplikasi Mobile

Jika Anda menggunakan aplikasi mobile Tokopedia, caranya sangat mudah. Setelah Anda login ke akun Tokopedia Anda, buka aplikasi dan klik ikon Pesanan yang biasanya terletak di bagian bawah layar. Setelah itu, Anda akan melihat daftar pesanan yang telah Anda buat. Anda juga dapat mengklik pesanan tertentu untuk melihat detailnya seperti status pengiriman, informasi produk, dan pembayaran.

Cara Kedua: Menggunakan Website

Bagi pengguna yang lebih suka menggunakan website Tokopedia, Anda juga dapat melihat pesanan dengan mudah. Buka website Tokopedia dan login ke akun Anda. Setelah itu, klik ikon Pesanan yang biasanya terletak di bagian atas halaman. Anda akan langsung melihat daftar pesanan yang telah Anda buat. Anda dapat mengklik pesanan tertentu untuk melihat detailnya seperti status pengiriman, informasi produk, dan pembayaran.

Cara Ketiga: Mencari Pesanan

Jika Anda memiliki banyak pesanan dan kesulitan menemukannya di daftar pesanan, Anda dapat menggunakan fitur pencarian. Caranya cukup mudah, cukup ketikkan kata kunci pesanan seperti nama produk atau nomor transaksi pada kolom pencarian. Setelah itu, Tokopedia akan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Cara Keempat: Menggunakan Filter

Jika Anda ingin menyaring pesanan berdasarkan kriteria tertentu, Anda dapat menggunakan fitur filter. Misalnya, Anda ingin melihat pesanan yang masih dalam proses pengiriman, Anda dapat memilih filter Dalam Pengiriman. Anda juga dapat menyaring pesanan berdasarkan berbagai kategori seperti pesanan selesai, pesanan dibatalkan, atau pesanan yang membutuhkan konfirmasi pembayaran.

Cara Kelima: Menggunakan Notifikasi

Jika Anda ingin mendapatkan notifikasi secara langsung tentang pesanan Anda, Anda dapat mengaktifkan fitur notifikasi di aplikasi Tokopedia atau melalui pengaturan akun di website. Dengan mengaktifkan notifikasi, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui pesan atau email setiap kali ada perubahan status pada pesanan Anda, seperti pesanan dikirim atau pesanan dibatalkan.

Cara Keenam: Menghubungi Penjual

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait pesanan Anda, Anda juga dapat menghubungi penjual langsung. Biasanya, informasi kontak penjual dapat ditemukan di halaman produk atau pada detail pesanan. Anda dapat menghubungi penjual melalui pesan di aplikasi Tokopedia atau melalui kontak yang tertera.

Cara Ketujuh: Menggunakan Live Chat

Jika Anda mengalami masalah yang membutuhkan bantuan langsung, Anda dapat menggunakan fitur live chat yang tersedia di aplikasi Tokopedia. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan tim customer service Tokopedia. Anda dapat menjelaskan masalah Anda dan mereka akan segera memberikan bantuan yang diperlukan.

Cara Kedelapan: Melihat Riwayat Pesanan

Jika Anda ingin melihat riwayat pesanan yang telah Anda buat sebelumnya, Tokopedia juga menyediakan fitur untuk melihat riwayat pesanan. Caranya sangat mudah, cukup klik ikon Pesanan di aplikasi atau website, lalu pilih opsi Riwayat Pesanan. Anda akan melihat daftar pesanan yang telah Anda buat sebelumnya, beserta detailnya.

Cara Kesembilan: Memeriksa Status Pengiriman

Jika Anda ingin mengetahui status pengiriman pesanan Anda dengan lebih akurat, Anda dapat menggunakan fitur lacak pengiriman yang disediakan oleh layanan pengiriman yang bekerja sama dengan Tokopedia. Biasanya, fitur ini dapat diakses dengan mengklik link Lacak Pesanan yang terdapat pada detail pesanan atau melalui pesan notifikasi.

Cara Kesepuluh: Mengaktifkan Pengingat

Jika Anda ingin mengingatkan diri sendiri tentang pesanan yang belum diselesaikan atau pesanan yang perlu dikonfirmasi pembayaran, Anda dapat mengaktifkan fitur pengingat di aplikasi atau website Tokopedia. Dengan mengaktifkan pengingat, Anda akan menerima pemberitahuan atau reminder agar tidak melewatkan pesanan yang perlu ditindaklanjuti.

FAQ:

1. Apakah saya bisa melihat pesanan yang sudah lama dihapus dari daftar pesanan?

Ya, Anda masih dapat melihat pesanan yang telah dihapus dari daftar pesanan Anda. Cukup buka halaman Riwayat Pesanan dan Anda akan melihat pesanan yang telah dihapus.

2. Bagaimana jika saya tidak dapat menemukan pesanan saya di daftar pesanan?

Jika Anda tidak dapat menemukan pesanan Anda di daftar pesanan, ada beberapa kemungkinan yang harus Anda periksa. Pastikan Anda sudah login dengan akun yang benar, periksa juga apakah Anda telah menggunakan akun yang sama untuk melakukan pembelian, dan pastikan Anda sudah menyelesaikan proses pembayaran dengan benar.

3. Bagaimana jika pesanan saya belum diterima setelah melewati batas waktu pengiriman?

Jika pesanan Anda belum diterima setelah melewati batas waktu pengiriman yang ditentukan, Anda dapat menghubungi penjual untuk menanyakan status pengiriman. Jika tidak ada tanggapan atau penjual tidak dapat memberikan solusi, Anda juga dapat menghubungi tim customer service Tokopedia untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Secara keseluruhan, melihat pesanan di Tokopedia sebenarnya tidaklah sulit. Dengan menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat melihat status pesanan dengan mudah dan cepat. Jika Anda masih mengalami masalah atau kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi penjual atau tim customer service Tokopedia untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan.